NADHIRA ULYA SURYADI, MEWAKILI INDONESIA DALAM AJANG MISS SCUBA INTERNATIONAL PAGEANT 2013 DI MALAYSIA

Hari ini tampak Nadhira Ulya Suryadi (23 tahun) berkemas dan siap menuju bandara Soekarno Hatta, menghadiri perhelatan pemilihan Miss Scuba International  Pageant 2013. Mulai tanggal 7-20 Desember 2013 mendatang, Kota Kinabalu Malaysia akan diramaikan oleh parapartisipan MISS SCUBA INTERNATIONAL PAGEANT 2013 dari berbagai belahan dunia. Ajang kompetisi  international ini dimulai dengan proses karantina para finalis, pembekalan materi konservasi, destinasi wisata kelautan di belahan dunia, dan teknis serta etika penyelaman.  Malam pengumuman Miss Scuba International 2013 akan dilaksanakan pada 20 Desember 2013 yang mengambil tema "Saving Oceans Through Beauty".

Indonesia mengirimkan wakilnya yang terpilih sebagai Miss Scuba Indonesia 2013,Nadhira Ulya Suryadi yang akan bersaing dengan perwakilan Miss Scuba dari 22 negara lainnya. Peserta terpilih telah lolos dalam kualifikasi di Negara masing-masing dengan kriteria standard yang diatur dalam batasan khusus seperti, wanita berusia 18 - 26 tahun, belum pernah menikah/melahirkan, tinggi badan minimum 165 cm dengan tubuh proporsional, mampu berbahasa Inggris dengan baik, memiliki sertifikat dasar penyelaman, serta memiliki hasrat dan pengetahuan dasar tentang konservasi kelautan. Kriteria lainnya yang takkalah penting adalah berkepribadian positif dan menyenangkan, cantik, cerdas, berbudi dan sehat rohani dan jasmani.
Nadhira terpilih sebagai pemenang dan menyandang gelar Miss Scuba Indonesia 2013 pada 14 November 2013 yang lalu setelah melalui tiga hari masa pelatihan dan proses penjurian. Para dewan juri, diantaranya; Dharmawan Sutanto sebagai pemilik lisensi Miss Scuba Indonesia, Rendra Hertiadhi, Sarah Lewis dari Manta Trust Foundation, Indri Martonodan Marischka Prudence, akhirnya memutuskan Nadhira Ulya Suryadi terpilih sebagai wakil Indonesia menyisihkan 11 finalislainnya. Menempati 1st Runner Up MSI 2013: Myranti Rosemalia Puspa Ayusofia (26 th), 2nd Runner Up MSI 2013: Nesha Kannama Ichida (19 th), 3rd Runner Up MSI 2013: Iriene Muharani Kusuma (19 th), 4th Runner Up MSI 2013: Hanna Al Zahra (22 th)
Miss Scuba Indonesia  2013 yang juga didukung oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, diagendakan menjadi acara tahunan dan ditujukan untuk mendukung harmonisasi dan ketergantungan antara manusia dengan laut, dan mendorong usaha-usaha konservasi , perlindungan dan pelestarian kelautan melalui keindahan dan kecantikan perempuan Indonesia selain mempromosikan olahraga selam, serta destinasi selam di Indonesia.

Besar di Bandung, Nadhira, lulusan Fakultas Hukum dari Universitas Parahyangan Bandung dengan cum Laude ini menempuh jalan lain sebagai profesinya. Setelah lama menggeluti dunia music dan tariksuara, saat ini dunia seni peran langsung menarik hatinya, langsung kepanggung teater dan kelayar lebar.Setelah film "Optatissimus (The First Prayer)" bersama Rio Dewanto, Nadhira langsung dilamar sutradara Riri Riza untuk bermain dalam film "Sokola Rimba" sebagai artis pendukung utama. Pengalaman mengikuti ajang pemilihan putri lainnya,pernah diraihnya juga ditahun sebelumnya.Namun terpilih mewakili Indonesia untuk Miss Scuba International sempat membuatnya terkejut dan kuatir, mengingat jam terbang menyelamnya belum banyak. "Saya sudah mendapatkan sertifikasi diving dan pembekalan yang sangat mencukupi dari para pakar diving dan lingkungan.Saya akan upayakan yang terbaik. Doakan saya ya…",ungkap Nadhira sebelum meninggalkan Jakarta.

Miss Scuba Internatioanl Pageant 2013 ini memperebutkan posisi International Diving Ambassador melalui  Miss Scuba International 2013, 1st Runner Up, 2nd Runner Up, dan7 kategori khusus: Miss Photogenic,  Miss Congeniality, Miss Marine Conservation, Miss Best Diver, Best in National Costume, Best in Evening Gown,  Best in Talent.Miss Scuba International yang terpilih mempunyai tugas khusus dan akan berperan penting dalam mempromosikan olah raga selam dan konservasi kelautan di seluruh dunia. Nantinya, pemenang pemilihan Miss Scuba yang melibatkan asosiasi selam dan LSM Konservasi Internasional ini, juga akan disponsori menjalani program selama satu tahun pengembangan karier dalam scuba diving, beauty and cosmetics, tourism, hospitality management dan public relations.

Miss Scuba International Pageant sebagai pemilik franchise telah memberikan hak kepada PT. Exhibition Network Indonesia (XNET) ,untuk menyelenggarakan Miss Scuba Pageant di Indonesia sejaktahun 2011. PT. XNET yang juga pemilik dan penyelenggara Pameran DEEP & EXTREME Indonesia adalah organizer yang mengkhususkan diri di Pameran Diving, Water Sport, Extreme Sport, Adventure Travel & Eco Tourism.Bekerja sama dengan co organizer PT SAJI INDONESIA sebagai MSI Management,berkomitmen untuk terus menyelenggarakan Miss Scuba Indonesia pada bulanOktober 2014 mendatang dan terus mengkampanyekan marine conservation, safe& ethical  dive dan marine tourism destination.