Rima Saradiani Demensah, Miss Scuba Indonesia 2014

JAKARTA, 13 SEPTEMBER 2014 –  Rima Saradiani Demensah, terpilih menjadi Miss Scuba Indonesia 2014, setelah melalui proses penjurian yang meliputi pelatihan public speaking & communication serta workshop diving dan konservasi kelautan, yang diumumkan hari ini (13/9) di the Only One Club & Lounge, FX Sudirman.

Tampil mengenakan gaun rancangan Eko Tjandra, Rima Saradiani Demensah, yang berprofesi sebagai presenter TV dan mahasiswi di Telkom University, terhenyak sesaat ketika dipasangkan mahkota Miss Scuba Indonesia oleh Nadhira Ulya Suryadi yang sore itu melangkahkan kakinya untuk yang terakhir kali dalam mahkota Miss Scuba Indonesia.

Melalui pelatihan khusus dan penjurian akhir yang dilangsungkan sejak tanggal 10 – 12 September 2014, Rima Saradiani Demensah berhak menyandang gelar Miss Scuba Indonesia 2014 bersama Risya Nurfitriani – Runner Up 1 MSI 2014, Zarina Taris Dayanti – Runner Up 2 MSI 2014, Swietenia Puspa Lestari – Runner Up 3 MSI 2014, dan Alifah Shabrina Salistya – Runner Up 4 MSI 2014.

Gelar Miss Photogenic juga disandang oleh Rima Saradiani Demensah, sedangkan Miss Popularity MSI 2014 berdasarkan voting melalui media sosial – www.missscubaindonesia.com - adalah Swietenia Puspa Lestari.

Kemeriahan acara penganugerahan Miss Scuba Indonesia 2014 juga diramaikan dengan penampilan bakat dan aktifitas harian para finalis, seperti talenta dalam bidang seni serta aktifitas mereka yang bersinggungan langsung dengan kegiatan konservasi hayati termasuk konservasi kelautan.

Miss Scuba Indonesia diharapkan dapat menjadi duta atau ikon bagi kegiatan sosialisasi dan edukasi terkait olahraga selam, yang meliputi kampanye mengenai diving ethics kepada komunitas selam, diving spots melalui kerjasama dengan program-program pemerintah daerah sesusai dengan misi yang dimiliki oleh MSI.

Pada dasarnya kegiatan ini adalah salah satu upaya yang bisa kami lakukan, sebagai penggiat dunia dan aktifitas kelautan, yang tentunya dengan harapan mampu mendorong promosi pariwisata kelautan di Indonesia ke kancah internasional menjadi lebih baik lagi” ujar Darmawan Sutanto, Chairman MSI/Direktur PT XNET.

Miss Scuba Indonesia 2014 terpilih akan mewakili Indonesia di ajang pemilihan Miss Scuba International Pageant 2014 yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 – 28 November 2014 di Mabul Resort, Sipadan, Kota Kinabalu – Malaysia. Miss Scuba Indonesia terpilih akan bersaing dengan lebih kurang wakil dari 20 negara, antara lain Australia, Cina, Perancis, Jerman, Indonesia, Irlandia, Kenya, Jepang, Latvia, Malaysia, Mexico, Filipina, Rusia, Singapura, Spanyol, Taiwan, Thailand, United Kingdom, Ukraina dan Venezuela.

Miss Scuba Indonesia 2014 yang merupakan rangkaian acara bertaraf internasional sebagai bagian dari Miss Scuba International Pageant kembali digelar. Dengan mengangkat isu pelestarian terumbu karang dan mengangkat tema besar “Saving Oceans Through Beauty”, ajang pencarian perempuan muda, cantik dan berdedikasi terhadap usaha pelestarian lingkungan khususnya konservasi kelautan, diharapkan dapat mendukung promosi olahraga selam dan pariwisata kelautan yang ada di Indonesia.

Kondisi karang di Indonesia saat ini adalah 4% dalam kondisi kritis, 46% mengalami kerusakan, 33% masih bagus, dan hanya 7% yang kondisinya masih sangat bagus. Pertambahan aktifitas manusia di daerah terumbu karang akan mendorong kerusakan yang lebih cepat terhadap keberadaannya.

Miss Scuba Indonesia yang terpilih tidak harus seorang ahli selam, melainkan seseorang yang punya passion terhadap konservasi kelautan , dunia selam dan promosi pariwisata selam Indonesia” Dharmawan Sutanto, menambahkan.

Melalui proses seleksi yang melibatkan para ahli di bidangnya, kandidat Miss Scuba Indonesia 2014 diseleksi melalui beberapa tahapan yaitu  seleksi tahap awal melalui proses seleksi administrasi, wawancara langsung dan yang terakhir adalah tahap pelatihan khusus.

Sejak tanggal 10-12 September 2014, diselenggarakan di Jakarta, pelatihan khusus yang meliputi Public Speaking & Communication, Marine Conservation dan Basic Diving Skill, akan diberikan kepada ke-12 Finalis Miss Scuba Indonesia 2014. Praktisi yang akan mendampingi untuk memberikan pelatihan antara lain Dave Hendrik – Praktisi Public Speaking & Communication, B Subhan – Praktisi Konservasi Kelautan, Riyanni Djangkaru – Pemerhati Konservasi Alam, dan Jhon Sidjabat – Praktisi Scuba Diving.

Selamat kepada Rima Saradiani Demensah sebagai Miss Scuba Indonesia 2014 terpilih, harapan kami agar dia benar-benar bisa mewakili Indonesia di ajang Internasional dan sekaligus menjadi Duta untuk mempromosikan pariwisata khususnya kelautan yang dimiliki oleh kita” ujar Darmawan menutup pembicaraan.

Dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia diharapkan melalui kecantikan dan keindahan perempuan Indonesia, mampu menjadi salah satu alat untuk mempromosikan olahraga selam dan destinasi wisata kelautan yang ada di Indonesia. Miss Scuba Indonesia menjadi salah satu alat untuk mendorong usaha-usaha konservasi kelautan yang mendukung harmonisasi yang apik antara manusia dengan laut. Let’s Keep Our Coral Clean & Save!